Sabtu, 07 Januari 2012

SITUS KERAJAAN JAPURA




Akhir bulan november 2011, Cirebon digemparkan dengan di temukannya pondasi sebuah candi kuno di wilayah Kanci kulon kec Astana Japura Kab Cirebon. Belum ada kepastian peninggalan jaman kerajaan mana, karena pihak arkeologi bandung yang di hubungi belum melakukan penelitian lebih jauh.

Namun bedasarkan tempat yang tak begitu jauh dari situs Astana Japura, maka sebagian warga menyimpulkan bahwa Candi adalah peninggalan Kerajaan Japura. Seperti tercatat dalam sejarah bahwa sebelum berdirinya kesultanan Pakungwati Cirebon, di wilayah Cirebon berdiri beberapa kerajaan seperti, Indraprahasta, Wanagiri, Mertasinga/singapura, Carbon Girang dan Japura.

Wilayah Japura tidak terlalu luas seperti Galuh atau Sunda, mengingat Japura adalah kerajaan di bawah kekuasaan Kerajaan Pajajaran. Wilayahnya meliputi, japura, sindanglaut dan sebagian cirebon selatan saat ini. Raja yang terkenal adalah Prabu Amuk Murugul Sakti.

Prabu Amuk Murugul adalah putra dari Prabu Susuk Tunggal penguasa keraton Pakuan Pajajara. Kesaktianya mengatar dirinya hingga menjadi pinalis saat memperebutkan Nyi Mas Subang Larang. Namun kesaktian yang dimilikinya tak mampu mengalahkan Prabu Siliwangi Jayadewata Pamanah Rasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar