Minggu, 12 Agustus 2012

SITUS GUNUNG JAYA GEMPOL PALIMANAN

Batu Lawang Gunung Jaya

Gunung Jaya adalah salah satu bukit di deretan bukit jajar yang membentang dari palimanan sampai rajagaluh    dan berputar ke Kramat. Gunung Jaya salah satu bukit yang dikeramatkan karena menyimpan berbagai kisah  dan sejarah tentang perjuangan para waliallah menyebarkan agama islam yang mendapat tantangan dari keadipatian Rajagaluh.

Tercatat beberapa tokoh besar yang terkait dengan Situs Gunung Jaya, diantaranya Sunan Bonang yang makomnya berada dikaki gunung Jaya sebelah barat. Tokoh lainnya adalah Syeh Hasan Besari dan Syeh Madkur yang makomnya berada tak jauh dari puncak Gunung Jaya. Selain itu da juga tokoh lainnya Mbah Buyut Raksawana dan Mbah Buyut Sepuh Secabadra yang makomnya sebelah timur gunung Jaya.

Keunikan dari Gunung Jaya adalah di puncaknya terdapat sumur kejayaan. Keadaanya mang selalu kering tak beair, karena itu ika ada yang mendapat atau menemukan sumur itu dalam keadaan berair adalah pertanda besar citta-citanya akan tercapai. Wallahualam...

Selain Sumur Kejayaan ada tempat unik lainya di sisi timur Gunung Jaya yaitu Batu Lawang. Batu Lawang adalah susunan bebatuan yang membentuk pormasi sangat unik seolah diukir sedemikian rupa. Batu Lawang adalh bukti kebesaran Tuhan menciptakan alam.

deretan bukit jajar palmanan
sumur jaya du puncak gunung jaya


kompleks situs sunan bonang di gunung jaya


makom syeh hasan besari dan syeh madkur di puncak gunung jaya

makom mbah buyut sepuh secabadra

makom mbah buyut raksawana

3 komentar:

  1. ndak terusur broo
    dulu di Palimanan ada Ipukan yang statusnya tidak kalah miris.

    Eksploitasi besar besaran PT. Indosemen di Palimanan, meratakan sektor wisata,

    BalasHapus